.

Pendidikan Teknologi Agroindustri 2011 UPI - TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 2016 INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Greeting

Tuesday 11 April 2017

RPP SUB BAB FERMENTASI SMKN 1 KUNINGAN 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

            Sekolah                       :  SMKN 1 Kuningan
Mata Pelajaran          :  Dasar Pengolahan Hasil Pertanian dan Perikanan
Kelas/Semester          : X/1
Materi Pokok             : FERMENTASI
Alokasi Waktu           : 5x45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menganalisis serta menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3   Menerapkan prinsip fermentasi pada bahan pangan.
Indikator : Menjelaskan prinsip fermentasi menggunakan khamir, kapang dan bakteri
                  Menjelaskan nama mikroba dan produk pangan yang dihasilkan
                  Menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi fermentasi
4.2   Melakukan proses fermentasi bahan pangan.
                  Melakukan proses fermentasi

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses belajar berlangsung diharapkan siswa dapat :
§  Menyebutkan definisi fermentasi sesuai dengan modul dengan teliti;
§  Menyebutkan jenis khamir, kapang dan bakteri untuk fermentasi;
§  Menyebutkan tujuan fermentasi dengan tepat;
§  Menjelaskan prinsip fermentasi pada bahan pangan dengan santun dan lugas.

D.    Materi Pembelajaran
Fermentasi adalah suatu reaksi metabolisme yang meliputi sederet reaksi oksidasi-reduksi, yang donor dan aseptor elektronnya adalah senyawa-senyawa organik, umumnya menghasilkan energy. Fermentasi dilakukan oleh bakteri, fungi dan yeast tertentu, baik fakultatif maupun obligat. Contoh fermentasi alcohol merupakan proses yang penting pada tipe ini. Proses fermentasi dengan khamir dapat dilakukan menggunakan satu spesies khamir maupun menggunakan gabungan beberapa jenis khamir. Pembuatan roti, anggur dan bir merupakan contoh pemanfaatan proses fermentasi menggunakan satu spesies khamir yaitu Saccharomyces cereviceae. Proses fermentasi dengan bakteri dapat berlangsung secara spontan, artinya dalam proses tersebut tidak memerlukan penambahan kultur murni bakteri, tetapi bakteri yang diharapkan dapat melakukan aktivitas fermentasi, secara alami sudah ada pada bahan atau lingkungan di sekitarnya. Fermentasi dengan kapang merupakan kegiatan mikroorganisme jenis kapang pada bahan hasil pertanian. Beberapa jenis kapang telah banyak dimanfaatkan dalam pengolahan pangan antara lain : jenis Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae yang berperan dalam pembuatan tempe, Neurospora sithophila yang menghasilkan miselium dengan pigmen orange pada oncom, dan jenis-jenis yang lain.

E.     Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan    : Scientific
2.      Model             : Project Based Learning
3.      Metode           : Ceramah, diskusi, praktikum dan tanya jawab


F.     Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
PENDAHU
LUAN
1.      Salah seorang siswa memimpin doa.
2.      Siswa merespon salam, kemudian guru mengecek kehadiran siswa.
3.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersiahan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
4.      Guru mengulas topik materi pelajaran pertemuan sebelumnya.
5.      Guru memberikan penguatan motivasi belajar dan sikap spiritual sebagai refleksi dari topik yang disampaikan.
6.      Guru menyampaikan gambaran tentang topik “Fermentasi”.
7.      Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
25
INTI
Mengamati
-  Guru menyajikan presentasi materi beserta media pendukung
-  Guru menyajikan contoh gambar dan video yang berhubungan   dengan  fermentasi.
-  Siswa mengamati materi, gambar dan video yang sudah disediakan oleh  guru.
Menanya
-  Guru memotivasi siswa untuk menanyakan hal yang terkait dengan materi, gambar, dan video yang sudah tersedia.
-  Siswa mengajukan pertanyaan tentang teknik fermentasi oleh bakteri, kapang dan khamir.
-  Mengidentifikasi faktor teknik fermentasi dan menjadikannya sebagai landasan praktikum teknik fermentasi.

Mengumpulkan Data
-  Guru memberikan jadwal praktikum teknik fermentasi
-  Guru menjelaskan secara teknis praktikum fermentasi (kelompok, jurnal praktikum, syarat praktikum, laporan)
-  Guru memonitoring praktikum siswa sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
Mengasosiasi
-  Siswa membuat laporan hasil praktikum
-  Guru merespon dan mengevaluasi hasil praktikum siswa dan mengembalikan permasalahan yang terjadi pada saat praktikum kepada siswa.
Mengkomunikasikan
Siswa merespon, mendiskusikan hasil praktikum dan hasil evaluasi dari guru.
170
PENUTUP  
·         Peserta didik di berikan ulasan singkat tentang materi yang baru saja didiskusikan dalam metode project based learning.
·         Siswa bersama guru melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran teknik fermentasi.
·         Guru memberikan tugas kepada murid.
·         Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·         Guru mengucapkan salam.
30


G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran    : 
-          White board;
-          Power point/ LCD, video tentang fermentasi oleh bakteri, kapang dan khamir;
-          Alat dan bahan yang digunakan untuk fermentasi seperti ragi dan starter yogurt.

2.      Alat Pembelajaran       : 
-          Laptop;
-          Infokus;
-          Speaker.
3.      Sumber Pembelajaran  :
a.       Buku
-          Kusmawati, ST. Dkk., 2000. Dasar-dasar Proses Pengolahan Hasil Pertanian, Bandung, Central Grafika
-          Nasution, Z dan Srie Setia Hartini, Pengolahan Hasil Pertanian 1 dan 2, Direktorat Dikmenjur, Depdikbud, Jakarta.
-          Nurman W.D. 1988, Teknologi Pengolahan Pangan, Universitas Indonesia.
b.      Internet
-       Video teknik fermentasi bahan pangan oleh bakteri, ;
-       Gambar produk hasil fermentasi seperti tape singkong, tape ketan, roti, bir, anggur dan yogurt.

H.    Penilaian
No.
Jenis/ Teknik
Bentuk
1.
Sikap
 a.          Lembar pengamatan sikap
b.          Jurnal Pengamatan Sikap
2.
Keterampilan
a.         Diskusi
b.         Presentasi
3.
Pengetahuan
a.          Post Test
b.        Uraian Singkat






1.      Lembar Pengamatan Sikap
Kelas    :………………
No.
Nama
Indikator Kompetensi Sikap (nilai maksimal)
Modus
Deskripsi
Jujur
Disiplin
Peduli Sesama
Responsif
Proaktif
Peduli Lingkungan






1


















Indikator Penilaian Sikap:
Jujur
a.      Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.      Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.      Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Disiplin
a.    Tertib mengikuti instruksi
b.   Mengerjakan tugas tepat waktu
c.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Peduli Sesama
a.         Prihatin terhadap masalah orang lain
b.        Perhatian terhadap teman kerja kelompok
c.         Mampu bersosialisasi dengan baik
Responsif
a.         Mampu mengerjakan tugas yang diberikan
b.        Memahami materi ajar yang diberikan
c.         Mengerjakan tugas dengan sistematis dan tepat


Proaktif
a.         Mempunyai inisiatif dalam merespon pembelajaran
b.        Mempunyai sikap aktif dalam kegiatan belajar mengajar
c.         Mempunya daya nalar luas dan mengasosiasinya pada kegiatan belajar mengajar
d.        Memberikan gagasan baik bersifat umum atau khusus
Peduli Lingkungan
a.         Membersihkan tempat belajar
b.        Melaksanakan piket kelas terjadwal
c.         Mempunyai alat tulis yang baik dan bersih
d.        Menggunakan fasilitas yang disediakan secara bijaksana

Pedoman  penilaian
Keterangan :
1= Jika peserta didik memenuhi 1 sikap maka dinilai jarang
2= Jika peserta didik memenuhi 2 sikap maka dinilai kadang-kadang
3= Jika peserta didik memenuhi 3 sikap maka dinilai sering
4= Jika peserta didik memenuhi 4 sikap maka dinilai selalu

2.      Jurnal Penilaian Sikap Peserta Didik
Kelas   : ……………………
No.
Nama
Catatan
Ket
1



2



3



4



…..







3.      Lembar Pengamatan Diskusi/Presentasi
Kelas    :………………
NO
NAMA
INDIKATOR KOMPETENSI SIKAP

Nilai Optimum
Terlibat penuh
bertanya
Menjawab
memberikan gagasan
kerja sama
Tertib
1









2









3









4








…..








                                                             











4.      Tes Tulis
Soal Penilaian Pengetahuan
Bentuk Instrumen
Instrument / Soal
Jawaban
Uraian
Jelaskan apa yang dimaksud dengan fermentasi
Suatu reaksi metabolisme yang meliputi sederet reaksi oksidasi-reduksi, yang donor dan aseptor elektronnya adalah senyawa-senyawa organik, umumnya menghasilkan energy. Fermentasi dilakukan oleh bakteri, fungi dan yeast tertentu, baik fakultatif maupun obligat. Contoh fermentasi alcohol merupakan proses yang penting pada tipe ini.
Jelaskan prinsip fermentasi dengan bakteri!
Proses perubahan/peruraian kimia yang terjadi pada bahan. Setiap jenis bakteri hanya dapat tumbuh pada media (bahan) tertentu saja dan hasil fermentasinya juga tertentu (spesifik).
Jelaskan mikroba yang berperan dalam pengolahan hasil pertanian beserta produknya, minimal 5!
- Acetobacter xylinum à Nata de Soya
- Streptococcus thermophilus à Yoghurt
- Lactobacillus bulgaricus à Kefir
- Rhizopus oligosporus à tempe
- Aspergillus oryzae à Kecap
Pilihan Ganda
  1. Termasuk jenis fermentasi oleh mikroba apakah pada pembuatan roti?
  1. Bakteri
  2. Khamir
  3. Kapang
d.      Karbondioksida

  1.  Sacharomyces Cereviceae digunakan untuk membuat produk berikut, kecuali…..
                        c.     Tape
                       d.     Roti
c.    Yogurt
d.   anggur



Kuningan,   November 2014
Guru Mata Pelajaran



Drs. Tatang S Putra
NIP. 196211071985111009
Guru PLP,



Essa   Annisa   Syadiah
NIM.  1103033
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMKN 1 KUNINGAN


Drs. H.Tarmidi M Pd
NIP. 19541101 1974031002

No comments:

Post a Comment