.

Pendidikan Teknologi Agroindustri 2011 UPI - TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN 2016 INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Greeting

Thursday 13 April 2017

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINETIKA REAKSI ENZIMATIK

a. konsentrasi substrat
semakin tinggi konsentrasi substrat maka akan semakin tinggi lakju rx enzimatis hingga mencapai kondisi dimana laju reaksi tidak lagi meningkat dan kondisi enzim berada pada kondidi Enzim dan Substrat. Laju reaksi pada kondisi tersebut disebut laju reaksi maksimum (Vmax). konsentrasi substrat juga mempengaruhi konstanta mchaelis (Km)
b. Suhu
enzim memiliki suhu optimum untuk bekerja. ketika enzim berada pada suhu optimumnya, maka laju reaksi enzim akan semakin tinggi. beberapa enzim memeiliki suhu optimum yang tinggi. namun ketika suhu reaksi meningkat atau melebihi suhu optimum enzim, maka laju reaksi enzim dapat menurun karena enzim mengalami denaturasi. Denaturasi enzim menyebabkan konfigurasi enzim berubah sehibgga enzim tidak dapat bekerja dan aktivitas menurun.
c. pH
 Selain suhu enzim juga memiliki pH optimum untuk bekerja . saat enzimberada pada pH optimum nya aktivitas enzimnya tinggi dan laju reaksinya pun tinggi ketika kondisi reaksi terlalu asam maupun basa aktivitas enzimnya dapat menurun sehingga laju reaksinya pun terhambat.
d. Koenzim dan Kofaktor
enzim terdiri dari dua gugu yaitu apoenzim dan koenzim. Enzim yang tidak memiliki koenzim merupakan enzm dalam bentuk yang belum teraktivasi. Enzim (apoenzim) memerlukan aktivitas koenzim untuk bekerja secara penuh,

No comments:

Post a Comment